• Skripsi Tugas Akhir Sistem Informasi HRD (Human Resources Development) atau Sistem Informasi Eksekutif (SIE) / Executive Information System (EIS)

     


    BAB I

    PENDAHULUAN

     

    A.    Latar Belakang

    Kebutuhan sebuah organisasi atau perusahaan terhadap sistem informasi terus berkembang. Agar dapat terus bersaing dan bertahan, sebuah organisasi atau perusahaan dituntut untuk mempunyai kinerja yang lebih baik. Sebuah organisasi atau perusahaan semestinya mempunyai sistem yang mampu untuk menampilkan informasi secara cepat dan tepat sehingga pihak-pihak yang menjalankan organisasi atau perusahaan dalam hal ini Top Level Management atau para eksekutif mampu untuk memberikan kinerja yang terbaik.

    Eksekutif bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan dapat diandalkanagardapat menjalankan pekerjaan dengan efektif. Informasi yang digunakan merupakan informasi yang memiliki hubungan dengan keputusan yang akan diambil. Pengambilan keputusan yang tepatdalam skala informasi yang cukup besar dapat dilakukan dengan menggunakan dukungan salah satu pendukung pengolahan data sistem informasi yang tercakup dalam sistem informasi eksekutif (SIE).

    SIE merupakan sistem informasi yang berbasis komputer dengan para eksekutif sebagai end-user penggunanya. SIE difokuskan untuk membantu para eksekutif mengetahui informasi secara cepat guna mengidentifikasikan masalah dan mengambil keputusan berdasarkan informasi yang telah dihasilkan.

    SIE memiliki keunikan dalam pengembangannya, dikarenakan SIE berdiri dari begitu banyak data sumber bahkan berdiri dari beberapa sistem informasi yang sudah ada dan berjalan di dalam organisasi atau perusahaan. Sistem informasi, bahasa pemrograman maupun basis data yang digunakan dalam setiap perangkat lunak memiliki kecenderungan berbeda-beda, beberapamenggunakan server Window, Linux atau SUN dan untuk aplikasi intinya dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti: PHP, Java, Delphi dan lain-lain. Dengan kondisi seperti ini setiap aplikasi diharapkan dapat saling berintegrasi melakukan proses-proses informasi yang dibutuhkan perusahaan.

    Peran informasi saat ini sangat penting untuk mendukung kelancaran pekerjaan baik yang dilakukan dalam jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Juga perkembangan yang mengalami kemajuan yang sangat pesat khususnya teknologi informasi, namun belum begitu signifikan penggunaannya.

    Bahwa sistem informasi telah menjadi sesuatu yang sangat vital di dalam zaman yang serba instan ini, sistem informasi adalah salah satu sarana terbaik bagi organisasi perusahaan dalam rangka menyajikan informasi kepada secara cepat dan tepat. Bahkan dalam perkembangannya, sistem informasi tidak lagi hanya berfungsi sebagai sarana penyajian, melainkan telah menjadi wadah untuk menampilkan laporan per hari, per bulan dan per tahun yang sangat efektif dan variatif. Sehingga sistem informasi sudah menjadi pilihan wajib hampir bagi segala macam organisas perusahaan, terutama dalam rangka meningkatkan kompetensinya.

    Dengan segala fakta di atas, merupakan hal yang sangat wajar bahkan dapat dikatakan sedikit terlambat apabila perusahaan PT. CITRA PEMBINA LOGISTIK yang sudah berdiri sejak tahun 2006 namun belum memiliki Sistem Informasi HRD  (Human Resources Development) maupun Sistem Informasi Eksekutif (SIE)/Executive Information System (EIS) yang terkomputerisasi dalam menyajikan laporan perusahaan setiap kali dibutuhkan oleh Eksekutif.

     

    B.     Ruang Lingkup

    1.      Rumusan Masalah

    Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dibuat suatu perumusan masalah, yaitu: ”Bagaimana cara membuat suatu sistem informasi yang mampu menyajikan data eksekutif HRD perusahaan sesuai kebutuhan administrasi dan eksekutif secara real time, dan efisien?

     

    2.      Batasan Masalah

    Ruang lingkup permasalahan dalam pengerjaan Tugas Akhir ini adalah pembuatan Sistem Informasi Eksekutif bagian hrd, tetepi berhubung karena perusahaan tersebut belum memiliki sistem informasi secara komputerisasi maka akan dibuat terlebih darhulu Sistem Informasi HRD yang terutama ditujukan bagi administrasi dan eksekutif. Adapun proses dalam melakukan pencataan pegawai yang akan ditampilkan antara lain adalah:

    a.       Mencatat data pegawai

    b.      Data pegawai yang diperuntukkan bagi eksekutif supaya dengan data tersebut seorang eksekutif dapat merekrut pegawai baru dan memposisikan jabatan yang sesuai dari pegawai tersebut

    c.       Mencatat data pegawai yang akan cuti permanent/sementara.

    Tugas Akhir ini tidak membahas: Sistem Informasi Eksekutif secara lebih rinci karena perusahaan tersebut belum memiliki Sistem Informasi pegawai sebelumnya sehingga akan dibuat terlebih dahulu sistem informasinya.

     

    C.    Tujuan

    Tujuan yang akan dicapai dari Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut.

    a.       Menyediakan sistem informasi secara komputerisasi bagi perusahaan yang terkait.

    b.      Menjawab kebutuhan administrasi dalam melakukan pencatatan kepegawaian perusahaan.

    c.       Memberikan solusi untuk mengatasi kerumitan yang selalu terjadi ketika dibutuhkannya data pegawai yang aktif di  perusahaan.

     

    D.    Luaran Sistem

    Setelah sistem informasi HRD ini selesai perusahaan akan mendapatkan kemudahan sebagai berikut.

    a.       Seorang eksekutif dapat merekrut pegawai baru dan memposisikan jabatan yang sesuai dari pegawai tersebut

    b.      Perusahaan akan lebih mudah dalam mencacat pegawai yang sedang cuti sementara / permanent

    c.       Perusahaan dapat dengan mudah mengetahui data pegawai secara cepat.

     

    E.     Manfaat

    Manfaat dari Tugas Akhir ini bagi pihak administrasi adalah :

    a.       Memberikan sarana yang tepat guna untuk mencatat trasaksi yang terjadi dalam perusahaan.

    b.      Memberikan sarana untuk untuk menampilkan data pegawai dalam waktu yang cepat dan tepat.

    c.       Menunjang kinerja dari seorang administrasi karena tidak tergantung pada sistem yang manual seperti sebelumnya.

    Manfaat dari Tugas Akhir ini bagi pihak eksekutif adalah :

    a.       Memberikan sarana tidak langsung untuk mengevaluasi record pegawai, pegawai baru perusahaan.

    b.      Memberikan sarana tidak langsung untuk memeriksa status pegawai yang aktif/sedang cuti dari perusahaan.

     

    F.     Sistematika Penulisan

    Sistematika penulisan pembahasan yang akan digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

    BAB I PENDAHULUAN

                Berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan mamfaat, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.

    BAB II TINJAUAN PUSTAKA

    Pada bab ini menjelaskan tentang teori-teori pemecahan masalah yang berhubungan dan digunakan untuk mendukung dalam pembuatan tugas akhir ini .

    BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

    Pada bab ini menjelaskan tentang identitas perusahaan, struktur organisasi, aktifitas kegiatan perusahaan, sistem yang di gunakan oleh perusahaan.

    BAB IV METODOLOGI

    Pada bab ini menjelaskan tentang teori-teori pemecahan masalah yang berhubungan dan digunakan untuk mendukung dalam pembuatan tugas akhir ini .

    BAB V ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM

    Bab ini dijelaskan tentang tata cara metode perancangan sistem yang digunakan untuk mengolah sumber data yang dibutuhkan sistem antara lain : Flowchart , Data Flow Diagram (DFD) .

    BAB VI IMPLEMENTASI SISTEM

    Pada bab ini menjelaskan implementasi dari program yang telah dibuat meliputi lingkungan implementasi , implementasi proses dan implementasi antarmuka .

    BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN

    Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari penulis untuk pengembangan sistem

    DAFTAR PUSTAKA

    Pada bagian ini akan dipaparkan tentang sumber-sumber literatur yang digunakan dalam pembutan laporan tugas akhir ini.

    DOWNLOAD LAPORAN FULL

    Bagi Yang Ingin Mendownload Skripsi Ini Silahkan Isi E-Mail Anda Di Kolom Komentar, Dan Akan Kami Kirimi Source Codenya Lengkap, Atau Langsung Aja Kirim Pesan Lewat Halaman Facebook Spesialis-It.
    Jadi Silahkan Teman-Teman Kunjungi Halaman Facebook Kami, Silahkan Teman-Teman Kirim Pesan Dan Bisa Konsultasi Disana.Terima Kasih

        Silahkan Kunjungi DISINI Untuk Beberapa Source Code Pemrograman Lainya.


  • 0 comments: