Perusahaan yang melakukan import barang tidak hanya dituntut untuk mengetahui barang-barang yang akan diperdagangkan, namun juga harus mengerti bagaimana cara melakukan kegiatan import barang, seperti cara pembayaran, dan dokumen apa saja yang diperlukan dalam kegiatan import barang. Ada beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan import barang, antara lain dokumen Permohonan Import Barang (PIB), Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPBB), dan Dokumen Delivery Order (DO).
Seiring
berkembangnya teknologi informasi juga berdampak besar pada pola kehidupan
masyarakat. Saat ini juga kita melihat begitu besar pengaruh kemajuan teknologi
terhadap pola kehidupan masyarakat. Kemajuan teknologi seperti handphone, komputer, bahkan internet
yang dapat membuat masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi-informasi
secara menyeluruh. Teknologi informasi dan komunikasi saat ini dapat digunakan
untuk mempermudah perusahaan import dalam mengelolah transaksi
dan administrasi sebagaimana yang telah dikembangkan oleh Arif Maulana (2016)
mengembangkanSistem yang memudahkan dalam melakukan penambahan data PIB dan
pencarian data serta pembuatan laporan data PIB , Rif’a Harjanti (2014)
mengembangan sistem pengurusan dokumen PIB,Novan Zulkarnain (2014)
mengembangkan Sistem hanya untuk mengetahui laporan barang jadi ekspor dan bahan baku import.
Maka dari itu
solusi untuk permasalahan pada perusahaan ini adalah dibuatnya rancangbangun sistem informasi penjualan dan pemesananimport
barangberbasis web. Sisteminidiharapkan
dapat membantu lebih mudah melakukantransaksi import barang serta jual beli barang dan memberikan informasi untuk karyawan dan pemilik
perusahaan melalui Website mengenai segala macam laporan pemesanan dan
ketersediaan barang secara cepat dan akurat.
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar
belakang diatas dapat dirumuskan masalah yang akan dibahas sebagai berikut :
1.
Bagaimana
merancang suatu sistem informasi penjualan dan pemesananimport barang bangunan ?
2.
Bagaimana
merancang sistem informasi import
barang pada menggunakan metode Rapid Application Development?
1.3 Batasan Masalah
Berdasarkan
masalah tersebut, permasalahan dibatasi yang hanya dilakukan pada meliputi :
1.
Pada
sistem ini membahas tentang import
pemesanan dan penjualan barang bahan bangunan pada PT. Bumi Jaya dan dokumen
import yang dibutuhkan oleh bea cukai.
2.
Sistem
ini dibangun berbasis program PHP dan MySQL.
3.
Pada
sistem ini tidak membahas mengenai retur produk.
1.4 Tujuan
Tujuan
dibuatnya sistem importir berbasis web untuk sebagai berikut :
1.
Melakukan
rancang bangun sistem informasi penjualan dan pemesanan import barang berbasis Web.
2.
Melakukan
Pengembangan sistem informasi barang bangunan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang
meliputi identifikasi masalah, WorkShop
Design, dan Implementasi Sistem.
1.5 Manfaat
Penelitian ini
diharapkan memberikan manfaat sebagai berikut :
1.
Meningkatkan
kinerja agar lebihn efektif pada proses bisnis yang berjalan
2.
Dengan
dibangunnya sistem informasi berbasis web ini diharapakn dapat memperluas
pemasaran kepada konsumen
3.
Memudahkan
pendataan pemesanan dan informasi konsumen
1.6 Sistematika penulisan
Agar
penyusunan laporan ini sistematis, jelas, kita membagi laporan dalam 3 bab yang
meliputi pendahuluan, landasan teori, metodologi penelitian, hasil dan
pembahasan, dan kesimpulan. Berikut penjelasan ke 5 bab tersebut :
BAB 1 Pendahuluan
Bab ini berisi
latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat, dan
sistematika penulisan
BAB 2 Landasan Teori
Bab ini
menjelaskan konsep dasar yang mendukung penulisan laporan dari teori hingga
toeri perangkat lunak
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN
BAB ini akan menguraikan metode – metode yang digunakan dalam meneliti laporan tersebut
berikut ini screen shoot Skripsi Tugas Akhir SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMESANAN IMPORT BARANG BERBASIS WEB
0 comments:
Post a Comment