III.1
Analisis Masalah
Analisis masalah dilakukan untuk mencari penyebab dan akibat dari masalah yang ada. Dengan adanya analisis masalah kita dapat memahami masalah untuk dapat mengambil solusi-solusi yang kreatif dan efisien.
III.1.1 Analisis Sistem yang Berjalan
Tahapan yang diperlukan dalam pembuatan suatu program yaitu
menganalisa sistem yang telah ada, dimana analisa sistem merupakan proses
mempelajari suatu sistem dengan cara menguraikan sistem tersebut kedalam elemen
yang membentuknya. Selanjutnya mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan -
permasalahan yang terjadi serta kebutuhan yang diperlukan, sehingga dapat disusun
pembuatannya.
III.1.1.1.
Data Input
Data
input yang diperlukan pada data makanan dan minuman yang akan dipesan secara
manual. Berikut adalah contoh hasil gambar dari data input pesanan pelanggan
terhadap pelayan terlihat pada gambar III.1 :
III.1.1.2. Data Output
Data output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Berikut adalah hasil contoh gambar dari data output pemesanan makanan dan minuman terlihat pada gambar
III.1.2.
Evaluasi Sistem yang Berjalan
Sistem
yang sedang berjalan saat ini masih terdapat beberapa
kekurangan yang terdapat pada sistem yang telah ada sebelumnya, berikut adalah
kekurangan pada sistem yang telah berjalan :
1.
Pemesanan masih menggunakan media alat tulis
dan kertas sehingga pelayanan tidak efisien dan optimal karena terdapat
terjadinya kesalahan dalam pemesanan.
2.
Pemesanan dari pelanggan seringkali rangkap dan sulit membaca tulisan
tangan sehingga mengalami kesalah pahaman antara pelanggan, pelayan dan koki.
3.
Pemilik Kampoes Coffee memiliki kendala dalam informasi penjualan,
karena banyaknya kwitansi yang menumpuk sehingga sulit untuk melakukan audit.
III.1.3. Strategi Pemecahan Masalah
Strategi dalam melakukan
pemecahan masalah yang sedang dianalisa oleh penulis mengenai Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman
Berbasis Android dan Web adalah sebagai berikut :
1.
Menciptakan sebuah program aplikasi Android secara online yang dapat digunakan untuk mempermudah
pelanggan dalam memesan makanan dan minuman. Program aplikasi
ini dimaksudkan untuk
membantu pelayan dalam
melayani pelanggan yang ingin memesan
menu makanan yang ada.
2.
Membangun
dan mengembangkan suatu sistem aplikasi pemesanan makanan dan minuman secara
online dengan konsep baru yaitu menggunakan
Android sebagai client, dan Web sebagai server.
3.
Mempermudah pelanggan dalam melihat menu yang ada di Cafe Kampoes Coffe
dengan menggunakan smartphone.
4.
Dalam
melakukan pemesanan makanan dan minuman berbasis Android dan Web, penulis
menggunakan Centralized
DBMS Architecture sehingga penyimpanan datanya
terpusat hanya dalam satu database untuk ke dua sistem pelayan,
dan kasir, Sehingga pengolahan data dari sistem menjadi fleksibel, terutama
saat ada penambahan atau perubahan menu makanan atau minuman yang ada.
III.2. Analisis Centralized DBMS Archictecture
Arsitektur
jaringan merupakan gambaran alur terjadinya proses pengiriman data antar sistem
yaitu pemesanan, penyajian, dan pembayaran. Proses pengiriman data ini
menggunakan method pengiriman data GET
dan POST yang saling terhubung.
Karena dalam sistem clint server ini menggunakan centralized DBMS architecture sehingga penyimpanan datanya terpusat hanya dalam satu
mysql database dari ke dua sistem tersebut.
Dengan centralized DBMS proses
pengiriman data akan lebih mudah dan terstruktur serta dalam pengolahan data
akan lebih fleksibel. Pada arsitektur ini digunakan komputer main frame
yang menyediakan semua proses utama seperti fungsinya pada DBMS (user application
programs dan user interface programs). Bentuk arsitektur terpusat ini menggambarkan pengaksesan
terminal-terminal komputer (client)
pada komputer server.
Pada aplikasi pemesanan makanan dan
minuman memiliki dua sistem yang digunakan oleh pelayan, dan kasir. Pengolahan
data dengan sistem yang besar seperti ini akan rumit bila tiap sistem memiliki database masing sehingga untuk
optimalisasi sistem menggunakan centralized
database atau basis data terpusat.
Pengolahan pada menu yang ada juga akan lebih fleksibel
dengan karena bila terdapat menu tambahan atau perubahan harga menu dapat
langsung mengubah data di server
berbeda dengan penyimpanan data untuk pemesanan menggunakan database sendiri seperti android
menggunakan database sqlite maka bila
ada perubahan menu aplikasi android tersebut harus dibuat ulang, sehingga akan
lebih fleksibel jika penyimpanan datanya menggunakan centralized DBMS architecture. Dapat dilihat pada Gambar
III.3.
Gambar III.3. Arsitektur Jaringan DBMS
Keterangan singkat dari Gambar III.3. Arsitektur Jaringan DBMS
secara umum struktur yang akan dimplementasikan adalah sebagai berikut.
1. Kasir sebagai server
atau web, memberikan data menu yang ada kepada pelayan yang dapat diakses
melalui android.
2. Lalu Pelayan mengirim data pesanan yang akan dipesan melalui
android, dan diterima oleh kasir melalui jaringan internet.
3. Pesanan yang sudah diterima maka diproses oleh kasir, kemudian data tersebut akan dikirim dan tersimpan pada database. Maka struk pembayaran dapat dicetak.
III.3. Perancangan
Perancangan dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara rinci, dalam perancangan suatu sistem tidak lepas dari hasil analisa sistem, karena analisa baru dapat di buat suatu perancangan sistem. Dari hasil analisis sistem yang sedang berjalan, selanjutnya akan dilakukan perancangan sistem. Pada tahap ini akan di rancang aplikasi utnuk sistem pemesanan makanan dan minuman yang akan di rancang berdasarkan analisa sistem yang telah dilakukan sebelumnya
III.3.1 Desain Sistem
Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Web dan Android menggunakan Centralized DBMS Architecture, dengan perancangan sebagai berikut :
III.3.1.1. Desain Sistem
Secara Global
Desain sistem secara global menggunakan bahasa pemodelan UML yang terdiri dari Use case Diagram, Acitvity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram.
III.3.2 Use Case
Diagram Sistem
Dalam penyusunan suatu
program diperlukan suatu model data yang berbentuk diagram yang dapat
menjelaskan suatu alur proses sistem yang akan di bangun. Dalam penulisan
skripsi ini penulis menggunakan metode UML yang dalam metode itu penulis
menerapkan diagram Use Case.
Maka digambarlah suatu bentuk
diagram Use Case yang dapat dilihat
pada gambar dibawah ini.
Download Laporan Skripsi Tugas Akhir Aplikasi Restoran Berbasis Android
0 comments:
Post a Comment