• Download Laporan Skripsi Tugas Akhir Aplikasi Restoran Berbasis Android



    III.1 Analisis Masalah

    Analisis masalah dilakukan untuk mencari penyebab dan akibat dari masalah yang ada. Dengan adanya analisis masalah kita dapat memahami masalah untuk dapat mengambil solusi-solusi yang kreatif dan efisien.

     

    III.1.1  Analisis Sistem yang Berjalan

    Tahapan yang diperlukan dalam pembuatan suatu program yaitu menganalisa sistem yang telah ada, dimana analisa sistem merupakan proses mempelajari suatu sistem dengan cara menguraikan sistem tersebut kedalam elemen yang membentuknya. Selanjutnya mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan - permasalahan yang terjadi serta kebutuhan yang diperlukan, sehingga dapat disusun pembuatannya.

     

    III.1.1.1. Data Input


                    Data input yang diperlukan pada data makanan dan minuman yang akan dipesan secara manual. Berikut adalah contoh hasil gambar dari data input pesanan pelanggan terhadap pelayan terlihat pada gambar III.1 :


     

    III.1.1.2. Data Output

    Data output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Berikut adalah hasil contoh gambar dari data output pemesanan makanan dan minuman terlihat pada gambar 

     

    III.1.2. Evaluasi Sistem yang Berjalan

    Sistem yang sedang berjalan saat ini masih terdapat beberapa kekurangan yang terdapat pada sistem yang telah ada sebelumnya, berikut adalah kekurangan pada sistem yang telah berjalan :

    1.   
    Pemesanan masih menggunakan media alat tulis dan kertas sehingga pelayanan tidak efisien dan optimal karena terdapat terjadinya kesalahan dalam pemesanan.

    2.    Pemesanan dari pelanggan seringkali rangkap dan sulit membaca tulisan tangan sehingga mengalami kesalah pahaman antara pelanggan, pelayan dan koki.

    3.    Pemilik Kampoes Coffee memiliki kendala dalam informasi penjualan, karena banyaknya kwitansi yang menumpuk sehingga sulit untuk melakukan audit.

     

    III.1.3. Strategi Pemecahan Masalah

    Strategi dalam melakukan pemecahan masalah yang sedang dianalisa oleh penulis mengenai Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Android dan Web adalah sebagai berikut :

    1.    Menciptakan sebuah program aplikasi Android secara online yang dapat digunakan untuk mempermudah pelanggan dalam memesan makanan dan minuman. Program aplikasi ini dimaksudkan untuk membantu pelayan dalam melayani pelanggan yang ingin memesan menu makanan yang ada.

    2.    Membangun dan mengembangkan suatu sistem aplikasi pemesanan makanan dan minuman secara online dengan konsep baru yaitu menggunakan Android sebagai client, dan Web sebagai server.

    3.    Mempermudah pelanggan dalam melihat menu yang ada di Cafe Kampoes Coffe dengan menggunakan smartphone.

    4.    Dalam melakukan pemesanan makanan dan minuman berbasis Android dan Web, penulis menggunakan Centralized DBMS Architecture sehingga penyimpanan datanya terpusat hanya dalam satu database untuk ke dua sistem pelayan, dan kasir, Sehingga pengolahan data dari sistem menjadi fleksibel, terutama saat ada penambahan atau perubahan menu makanan atau minuman yang ada.

    Text Box: 26 


    III.2.    Analisis Centralized DBMS Archictecture

                Arsitektur jaringan merupakan gambaran alur terjadinya proses pengiriman data antar sistem yaitu pemesanan, penyajian, dan pembayaran. Proses pengiriman data ini menggunakan method pengiriman data GET dan POST yang saling terhubung. Karena dalam sistem clint server ini menggunakan centralized DBMS architecture sehingga penyimpanan datanya terpusat hanya dalam satu mysql database dari ke dua sistem tersebut.  Dengan centralized DBMS proses pengiriman data akan lebih mudah dan terstruktur serta dalam pengolahan data akan lebih fleksibel. Pada arsitektur ini digunakan komputer main frame yang menyediakan semua proses utama seperti fungsinya pada DBMS (user application programs dan user interface programs). Bentuk arsitektur terpusat ini menggambarkan pengaksesan terminal-terminal komputer (client) pada komputer server.

                Pada aplikasi pemesanan makanan dan minuman memiliki dua sistem yang digunakan oleh pelayan, dan kasir. Pengolahan data dengan sistem yang besar seperti ini akan rumit bila tiap sistem memiliki database masing sehingga untuk optimalisasi sistem menggunakan centralized database atau basis data terpusat.


    Pengolahan pada menu yang ada juga akan lebih fleksibel dengan karena bila terdapat menu tambahan atau perubahan harga menu dapat langsung mengubah data di server berbeda dengan penyimpanan data untuk pemesanan menggunakan database sendiri seperti android menggunakan database sqlite maka bila ada perubahan menu aplikasi android tersebut harus dibuat ulang, sehingga akan lebih fleksibel jika penyimpanan datanya menggunakan centralized DBMS architecture. Dapat dilihat pada Gambar III.3.


    Gambar III.3. Arsitektur Jaringan DBMS


    Keterangan singkat dari Gambar III.3. Arsitektur Jaringan DBMS secara umum struktur yang akan dimplementasikan adalah sebagai berikut.

    1.    Kasir sebagai server atau web, memberikan data menu yang ada kepada pelayan yang dapat diakses melalui android.

    2.    Lalu Pelayan mengirim data pesanan yang akan dipesan melalui android, dan diterima oleh kasir melalui jaringan internet.

    3.    Pesanan yang sudah diterima maka diproses oleh kasir, kemudian data tersebut akan dikirim dan tersimpan pada database. Maka struk pembayaran dapat dicetak.

    III.3.   Perancangan

    Perancangan dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara rinci, dalam perancangan suatu sistem tidak lepas dari hasil analisa sistem, karena analisa baru dapat di buat suatu perancangan sistem. Dari hasil analisis sistem yang sedang berjalan, selanjutnya akan dilakukan perancangan sistem. Pada tahap ini akan di rancang aplikasi utnuk sistem pemesanan makanan dan minuman yang akan di rancang berdasarkan analisa sistem yang telah dilakukan sebelumnya

    III.3.1  Desain Sistem

       Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Web dan Android menggunakan Centralized DBMS Architecture, dengan perancangan sebagai berikut :


    III.3.1.1. Desain Sistem Secara Global

    Desain sistem secara global menggunakan bahasa pemodelan UML yang terdiri dari Use case Diagram, Acitvity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram.

    III.3.2  Use Case Diagram Sistem

    Dalam penyusunan suatu program diperlukan suatu model data yang berbentuk diagram yang dapat menjelaskan suatu alur proses sistem yang akan di bangun. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode UML yang dalam metode itu penulis menerapkan diagram Use Case.

    Maka digambarlah suatu bentuk diagram Use Case yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

    Download Laporan Skripsi Tugas Akhir Aplikasi Restoran Berbasis Android


    Bagi Yang Ingin Mendownload Skripsi Ini Silahkan Isi E-Mail Anda Di Kolom Komentar, Dan Akan Kami Kirimi Source Codenya Lengkap, Atau Langsung Aja Kirim Pesan Lewat Halaman Facebook Spesialis-It.
    Jadi Silahkan Teman-Teman Kunjungi Halaman Facebook Kami, Silahkan Teman-Teman Kirim Pesan Dan Bisa Konsultasi Disana.Terima Kasih

        Silahkan Kunjungi DISINI Untuk Beberapa Source Code Pemrograman Lainya.


  • 0 comments: