• Skripsi Tugas Akhir Implementasi algoritma Bee Colony pada pencarin jalur terpendek wisata kuliner unggulan

     



    1.1   Latar Belakang

    Kota Palu  merupakan daerah tujuan wisata yang cukup dikenal, terutama oleh warga Palu  sendiri maupun wisatawan dari luar kota. Kota Palu ini mengalami perkembangan cukup pesat dari tahun ke tahun. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Palu untuk berekreasi atau untuk mencoba kulinernya yang memiliki beragam makanan tradisional dengan cita rasa khas yang digemari para wisatawan. Oleh karena itu, makanan tradisional Kota Palu seperti seperti Duo Sate, Uta Kelo, Nasi Jagung, Palumara, Lalampa yang menjadi ikon Kota Palu ini perlu diperkenalkan kembali pada masyarakat agar keberadaannya tetap ada. Wisata makanan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan makanan sebagai subyek dan media, tujuan dan kendaraan untuk wisata. Trend wisatawan sekarang adalah datang ke suatu daerah wisata untuk mencari makanan khas daerah tersebut dan tidak segan-segan membayar mahal untuk menikmati suatu makanan. Perubahan gaya hidup masyarakat juga

    Telah terjadi, para wisatawan makan tidak hanya untuk mengenyangkan perut saja, tetapi juga untuk mencari suasana dan pelayanan yang baik dan mendukung sebagai bagian dari sajian makanan yang dipesan. Banyak restoran dan lokasi kuliner baru didirikan di Kota Palu dengan daya tarik dan ciri khas masing-masing. Beragam sajian ditawarkan mulai dari makanan khas daerah yang sifatnya tradisional sampai makananmakanan cepat saji yang bersifat modern. Banyaknya keanekaragaman jenis makanan dan tempat kuliner menarik di Kota Kediri bisa membuat sebagian besar orang bingung untuk memilih makanan dan tempat-tempat kuliner yang ingin mereka kunjungi. Bukan hanya pengunjung dari luar kota saja yang bisa merasa bingung, penduduk asli Kota Palu pun juga banyak yang kurang tahu adanya beranekaragam kuliner yang ada di kotanya sendiri. Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk pencarian adalah dengan menggunakan Sistem LBS (location-based services) (Kadir, 2014). Beberapa ponsel cerdas yang menawarkan LBS ini. Dari yang bersistem operasi Symbian, Java, Windows Mobile, iOS (Iphone OS) ataupun sistem operasi lainnya. Namun aplikasi yang ada pada Android memiliki satu keuntungan yaitu gratis dan tampilannya yang cukup menarik. Hal ini didukung dengan pasar sebesar 89% pada kuartal  kedua

    Perkembangan yang sangat pesat saat ini membuat arus kebutuhan dalam dunia teknologi informasi turut berkembang cepat. Sistem informasi geografis (SIG) adalah sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisa, dan menghasilkan data bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan. SIG sebagai salah satu media informasi juga yang semakin mudah diakses dari mana saja. Dengan berkembanganya teknologi SIG, masyarakat semakin di mudahkan dalam melakukan segala macam fasilitas dan proses, salah satu contohnya adalah mencari lokasi wisata kuliner unggulan di Kota Palu dimana terkadang pendatang atau masyarakat luar sulit mencari tempat kuliner ungulan yg ada di kota Palu.

    Berdasarkan latar belakang diatas pada proyek akhir ini dibuat sebuah program untuk memberikan solusi yaitu “Implementasi algoritma Bee Colony pada pencarin jalur terpendek wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android”. Dengan demikian sistem informasi ini akan menampilkan semua lokasi Wisata kuliner unggulan di kota Palu, diharapkan hasil dari sistem informasi geografis lokasi Wisata kuliner unggulan di kota dapat diakses lewat internet dengan menggunakan smartphone Android.

    Penerapan solusi sistem informasi pencarian jalur terpendek Wisata kuliner unggulan di kota berbasis Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Android Eclipse dan database MySQL.

    1.1   Rumusan Masalah

     Berdasarkan latar belakang diatas, maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan suatu masalah yang dapat diimplementasikan sebagai berikut :

    1.    Bagaimana menerapkan algoritma Bee Colony pada pencarin jalur terpendek wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android ?

    2.    Bagaimana mencari lokasi wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android ?.

     

    1.2   Batasan Masalah

     Karena keterbatasan waktu dan kemampuan penulis, maka dilakukan pembatasan masalah sebagai berikut :

    1.    Hanya mengolah data tentang Lokasi wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android pada jalan arteri primer.

    2.    Input memasukan lokasi baru wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android.

    3.    Output yang dihasilkan adalah alamat lokasi wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android.

    4.    Program sistem informasi geografis dirancang dengan menggunakan Bahasa pemrograman Android Eclipse dan database MySQL. Desain Map pada system informasi geografis ini menggunakan Google Maps.

    1.3   Tujuan Penelitian

    Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :

    ·         Untuk merancang sebuah sistem informasi geografis dan menerapkan algoritma Bee Colony untuk mencari lokasi wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android.

    ·         Untuk membangun sistem informasi geografis lokasi wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android

    ·         Mempermudah dalam hal pencarian informasi wisata kuliner unggulan di kota Palu berbasis android

    1.4   Manfaat Penelitian

    Adapun manfaat yang akan di kemukakan dari penanganan masalah yang ada, yaitu:

    ·       Menambah wawasan dan pengetahuan penulis terhadap sebuah aplikasi untuk membangun sistem informasi geografis yang kompleks terutama berbasis Android.

    ·       Dapat membantu masyarakat, khususnya para pendatang yang belum mengetahui kota Palu untuk mencari tempat wisata kuliner unggulan di kota Palu.

    ·         Mempermudah orang untuk mengetahui lokasi wisata kuliner unggulan di kota Palu  dengan menggunakan smartphone dalam jaringan internet. 

    1.5   Metedologi Penelitian

    Untuk mendukung penyelesaian penelitian ini digunakan beberapa metodologi yaitu dengan observasi. Obsevasi adalah suatu cara pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap data pinjaman yang ada serta mengadakan pencatatan secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati.

    1.6   Sistematika Penulisan

    Sistematika penulisan pembahasan yang akan digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

    BAB I PENDAHULUAN

                Berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan mamfaat, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Bab ini membahas beberapa teori penunjang yang dibutuhkan dalam pembuatan tugas akhir ini, pengertian SIG, pengertian Android dan MySQL.

    BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM

                Bab ini membahas mengenai keadaan umum sistem, perancangan, proses serta diagram alir dari sistem tersebut.

    BAB IV IMPLEMENTASI

    Bab ini menjelaskan tentang implementasi program secara detail sesuai dengan rancangan dan berdasarkan sistem. Pada bagian ini juga akan di berikan potongan-potongan program.

    BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN

                Bab ini menjelaskan tentang implementasi program serta pengujian sistem yaitu sistem yang digunakan untuk menentukan hasil rekomendasi wisata kuliner.

    BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

                Berisi tentang kesimpulan pada bab-bab sebelumnya dan saran-saran terhadap laporan Tugas Akhir ini.


    Bagi Yang Ingin Mendownload Skripsi Ini Silahkan Isi E-Mail Anda Di Kolom Komentar, Dan Akan Kami Kirimi Source Codenya Lengkap, Atau Langsung Aja Kirim Pesan Lewat Halaman Facebook Spesialis-It.
    Jadi Silahkan Teman-Teman Kunjungi Halaman Facebook Kami, Silahkan Teman-Teman Kirim Pesan Dan Bisa Konsultasi Disana.Terima Kasih

        Silahkan Kunjungi DISINI Untuk Beberapa Source Code Pemrograman Lainya.

  • 0 comments: