• Download Source Code Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM) Menggunakan Metode MADM TOPSIS BERBASIS WEB

    Disini saya akan menshare aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM) Menggunakan Metode MADM TOPSIS dengan php berbasis webSistem pendukung keputusan penerima bantuan siswa miskin ini merupakan sebuah sistem yang dapat memberikan sebuah rekomendasi keputusan untuk seorang manajer guna mengambil keputusan siswa mana saja yang berhak menerima bantuan.

    Seleksi adalah pemilihan (untuk mendapatkan yang terbaik); penyaringan, metode dan prosedur yang dipakai oleh bagian personalia (kantor pemerintahan, perusahaan) waktu memilih orang untuk mengisi lowongan pekerjaan.
    Secara umum seleksi adalah bagian dari operasional dari manajemen sumber daya manusia yaitu pengadaan, dan pengadaan itu terdiri dari perencanaan, seleksi, penempatan, dan produksi. Seleksi merupakan tahap-tahap khusus yang digunakan untuk memutuskan suatu keputusan. 

    Seleksi adalah proses pemilihan dari sekelompok pelamar, orang atau orang-orang yang paling memenuhi kriteria seleksi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada pada saat ini yang dilakukan oleh perusahaan (Henry Simamora, 2004).

    Beasiswa 2017 adalah bantuan untuk membantu orang terutama bagi yang masih sekolah atau kuliah agar dapat menyelesaikan tugasnya dalam rangka mencari ilmu pengetahuan hingga selesai. Bantuan ini biasanya berbentuk dana untuk menunjang biaya yang harus dikeluarkan oleh sekolah atau mahasiswa selama menempuh masa pendidikan ditempat belajar yang diinginkan (MURNIASIH, 2009).

    Metode  TOPSIS  adalah  salah  satu  metode  pengambilan  keputusan multikriteria yang pertama kali diperkenalkan oleh Yoon dan Hwang  pada tahun 1981.  Metode  ini  merupakan  salah  satu  metode  yang  banyak  digunakan  untuk menyelesaikan pengambilan  keputusan  secara  praktis.  TOPSIS  memiliki  konsep dimana alternatif  yang terpilih merupakan alternatif terbaik  yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terjauh dari solusi ideal negatif [4]. Semakin  banyaknya  faktor  yang  harus  dipertimbangkan  dalam  proses pengambilan  keputusan,  maka  semakin  relatif  sulit  juga  untuk  mengambil
    keputusan  terhadap  suatu  permasalahan.  Apalagi  jika  upaya  pengambilan keputusan  dari  suatu  permasalahan  tertentu,  selain  mempertimbangkan  berbagai faktor/kriteria  yang  beragam,  juga  melibatkan  beberapa  orang  pengambil keputusan.  Permasalahan  yang  demikian  dikenal  dengan  permasalahan  multiple criteria decision making  (MCDM). 

    Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah sistem informasi yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semiterstruktur dan situasi tidak terstruktur, dimana tidak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat (Alter, 2002) dalam (Kusrini, 2007)

    TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution)
    Pendapat Hwang dan Zeleny, TOPSIS didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif (Kusumadewi, 2006).

    Semakin  banyaknya  faktor  yang  harus  dipertimbangkan  dalam  proses pengambilan  keputusan,  maka  semakin  relatif  sulit  juga  untuk  mengambil keputusan  terhadap  suatu  permasalahan.  Apalagi  jika  upaya  pengambilan keputusan  dari  suatu  permasalahan  tertentu,  selain  mempertimbangkan  berbagai faktor/kriteria  yang  beragam,  juga  melibatkan  beberapa  orang  pengambil keputusan.  Permasalahan yang demikian dikenal  dengan  permasalahan  Multiple Criteria Decision Making  (MCDM).  Dengan kata lain, MCDM juga dapat disebut sebagai  suatu  pengambilan  keputusan  untuk  memilih  alternatif  terbaik  dari sejumlah  alternatif  berdasarkan  beberapa  kriteria  tertentu.  SPK Metode  TOPSIS digunakan  sebagai  suatu  upaya  untuk  menyelesaikan  permasalahan  Multiple Criteria  Decision  Making (MCDM). Hal  ini  disebabkan  konsepnya  sederhana  dan  mudah dipahami, komputasinya  efisien  dan  memiliki  kemampuan  untuk  mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan.

    Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan suatu permasalahan menggunakan metode TOPSIS adalah sebagai berikut :


    1. Menggambarkan  alternatif  (m)  dan  kriteria  (n)  ke  dalam  sebuah  matriks, dimana  Xij adalah  pengukuran  pilihan  dari  alternatif  ke-i  dan  kriteria  ke-j.Matriks ini dapat dilihat pada persamaan satu.
      matriks1 
    2. Membuat matriks R yaitu matriks keputusan ternormalisasi Setiap  normalisasi  dari  nilai  rij dapat  dilakukan  dengan  perhitungan menggunakan persamaan dua.
      matriks2
    3. Membuat pembobotan pada matriks yang telah dinormalisasi Setelah dinormalisasi, setiap kolom pada matriks R dikalikan dengan bobotbobot (wj) untuk menghasilkan matriks pada persamaan tiga.
      matriks3
    4. Menentukan nilai solusi ideal positif dan solusi ideal negatif. Solusi ideal dinotasikan A+, sedangkan solusi ideal negatif dinotasikan A-. Persamaan untuk menentukan solusi ideal dapat dilihat pada persamaan empat.
      matriks4
    5. Menghitung separation measure. Separation measure ini merupakan
      pengukuran jarak dari suatu alternatif ke solusi ideal positif dan solusi ideal
      negatif.
      –  Perhitungan solusi ideal positif dapat dilihat pada persamaan lima :
      matriks5
      –  Perhitungan solusi ideal negatif dapat dilihat pada persamaan enam :matriks6
    6. Menghitung  nilai  preferensi  untuk  setiap  alternatif. Untuk  menentukan ranking tiap-tiap alternatif yang ada maka perlu dihitung terlebih dahulu nilai preferensi  dari  tiap  alternatif.  Perhitungan  nilai  preferensi  dapat  dilihat melalui persamaan tujuh.
      matriks7Setelah  didapat  nilai  Ci+,  maka  alternatif  dapat  diranking  berdasarkan urutan  Ci+.  Dari  hasil  perankingan  ini  dapat  dilihat  alternatif  terbaik  yaitu alternatif yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal dan berjarak terjauh dari solusi ideal negatif.
    Berikut ini tampilan utama untuk program aplikasi source code spk (sistem pendukung keputusan) dengan metode topsis berbasis website atau PHP :

    Gambar 4.1 Login

    Gambar 4.2 Menu Utama

    Gambar 4.3 Struktur Menu Utama

    Gambar 4.4 Data Siswa

    Gambar 4.5 Data Kriteria

    Gambar 4.6 Pembobotan

    Gambar 4.7 Himpunan Kriteria

    Gambar 4.8 Proses Klasifikasi

    Gambar 4.9 Analisa

    Gambar 4.10 Evaluation Matrix

    Gambar 4.11 Rating Kinerja Ternormalisasi

    Gambar 4.12 Rating Bobot Ternormalisasi

    Gambar 4.13 Solusi Ideal Positif dan Negatif

    Gambar 4.14 Jarak Positif dan Negatif

    Gambar 4.15 Nilai Preferensi

    Gambar 4.16 Hasil Rangking


    Bagi yang ingin mendownload aplikasi ini silahkan isi e-mail anda di kolom komentar, dan akan kami kirimi source codenya lengkap, Atau langsung aja kirim pesan lewat halaman facebook spesialis-it.
    Jadi silahkan teman-teman kunjungi halaman facebook kami, silahkan teman-teman kirim pesan dan bisa konsultasi disana.Terima Kasih

    Silahkan Kunjungi DISINI Untuk Beberapa Source code Pemrograman Lainya.
  • 144 comments:

    Unknown said...

    apakah saya boleh minta sourcode nya. maximillian88x@gmail.com
    thanks :)

    Unknown said...

    om belum dikirim ya sourcodenya ke maximillian88x@gmail.com :(

    Unknown said...

    Siang kak boleh minta sourcode metode topsis ini ke Email saya Sfirrizqi@gmail.com .. Terima kasih

    Herik said...

    Mungkin teman-teman langsung bisa kirim pesan lewat FB, biar lebih mudah. terimakasih

    Unknown said...

    erhchi97@gmail.com saya butuh mas mbak source kode serta programnya

    Emir Satria Hasibuan said...

    emirsatria@gmail.com saya butuh mas mbak source kode serta programnya

    Unknown said...

    mas boleh kirim source code dan programnya ke email saya sopiani.umrah@gmail.com
    Terimakasih

    Unknown said...

    kirim kesini aydhil.fajhar@gmail.com

    fitri said...

    kirim ke email saya safitriproject@gmail.com, thanks :)

    Blogger said...

    kirim ke email sya ya gan sourcode topsis berbasis web
    sunarga94@gmail.com

    Unknown said...

    permisi bang kirim ke email saya ya... rizal_arifin379@yahoo.com

    Nur Cahyadi Ahmad said...

    Mas boleh kirim sourcode program ke email saya nurcahyadiahmad@gmail.com

    Unknown said...

    chavid.f@visione-system.com minta bang ..

    Unknown said...

    hai mas, langkah2 yg anda jelaskan cukup jelas. bolehkah saya meminta source code dari metode topsis yg anda gunakan. email saya noviranaili@gmail.com. Terimakasih

    Pengantar Teknologi Informasi said...

    Boleh dong sharing apk nya gan buat belajar saya
    Kirim ke prabowo.sun3@gmail.com yah gan, terimakasih

    cs.spesialis.it said...

    Sekali lagi untuk teman-teman yang ingin sourcecodenya langsung aja kirim pesan lewat halaman facebook spesialis-it

    Unknown said...

    apakah saya boleh minta sourcode nya. 27sahrudinabdul@gmail.com
    thanks :)

    Unknown said...

    mas boleh minta source codenya huzairi004@gmail.com trmksh sblumnya

    Teguh Raharjo said...

    bisa share source code om, buat bahan pembelajaran tejogokil2@gmail.com

    cs.spesialis.it said...

    Sekali lagi untuk teman-teman yang ingin sourcecodenya langsung aja kirim pesan lewat halaman facebook spesialis-it.
    Jadi silahkan teman-teman kunjungi halaman facebook kami, silahkan teman-teman kirim pesan dan bisa konsultasi disana.Terima Kasih

    Unknown said...

    wahyusinduprasetya@gmail.com

    Lee said...

    Min boleh minta source code nya buat belajar danarhariyanto@gmail.com

    Unknown said...

    muhamadsidiq.id@gmail.com

    aku said...

    min boleh krim via email kafequ9495@gmail.com

    contoh said...

    karascandra58@gmail.com
    aku tunggu min

    emodjeh said...

    emodlight@gmail.com

    Unknown said...

    vickydwi5@gmail.com

    MSS_aat said...

    min minta source codenya ya
    Attohiroh23@gmail.com

    rahmad said...

    minta source codenye mas
    winardirahmad@gmail.com

    Unknown said...

    Ksaputta@gmail.com

    Unknown said...

    paditya419@gmail.com boleh di bagi source code nya min

    Unknown said...

    boleh bagi source code nya gan m.afif.slamet.effendi@gmail.com

    muhammad.risqi.blogspot.com said...

    Ini email saya muhammadrisqi9@gmail.com

    Unknown said...

    mas boleh minta source code ne gk mas

    anazmalingi03@gmail.com

    makasih

    Unknown said...

    Kirim k email saya mas source code nya. Pramuditya27@gmail.com. Trima kasih

    Panji lasy said...

    maaf mas bisa minta source code nya Panjipriyadilasy7@gmail.com
    makasih mas

    Unknown said...

    boleh dong liat source code nya
    chansuchann12@gmail.com

    Novan said...

    Ijin minta sc nya om ..
    Anggardanovan@gmail.com
    Terimakasih om

    Unknown said...

    Ijin mnt sc nya gan.
    Ilvanvirmadi@gmail.com..tks

    Unknown said...

    bisa kirim source codenya ke pekandunia@gmail.com

    Unknown said...

    ijin mnta sc nya Min ...
    bayunovria70@gmail.com
    terima kasih

    er said...

    Mas boleh minta sorce code nya , di andiskap@gmail.com tdimakasih...

    Unknown said...

    Mas, boleh minta source code nya?
    nhugy.rahman@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya mas

    Unknown said...

    Mas boleh mnta source code nya arqamsarif@gmail.com

    ARI SAMAKTHA said...

    Mas, boleh minta source code nya?
    ari.samaktha06@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya mas..

    Jupank said...

    mas, boleh minta source code nya?
    jufricvt@gmail.com

    Unknown said...

    boleh minta source code nya?
    stenly1910@yahoo.com

    thankyou

    AKHI KHOIRIL ANAM said...

    boleh minta source codenya?

    akhianam@yahoo.co.id

    Unknown said...

    boleh minta source codenya? maswowok@gmail.com

    Ms.Tseng said...

    boleh minta source codenya mas?

    cristinashuw@gmail.com

    Unknown said...

    Minta gan buat referensi..terimkasih bnyk..smga ilmu nya berkah..

    Ilvanvirmadi@gmail.com

    Unknown said...

    pingin belajar nih om source codenya bang ukky.0084@gmail.com

    Berita Muhdelta said...

    buat referensi belajar
    akhmadazari@gmail.com

    Unknown said...

    wannawahyuni@gmail.com

    Adi said...

    Untuk referensi belajar, apakah boleh minta source code nya ?
    Terimakasih..

    Unknown said...

    risqyiqbal@gmail.com

    Unknown said...

    tolong kirim source codenya..
    indraariff@gmail.com

    Unknown said...

    apakah saya boleh minta sourcode nya. rizkyalfianto1945
    @gmail.com
    thanks :)

    Unknown said...

    boleh minta sourcecode nya? maswowok@gmail.com

    Unknown said...

    boleh minta sourcecode nya? auliadi.tmn@gmail.com

    Unknown said...

    Mas boleh minta sour codenya?
    Ini email saya
    Rezafirman31@gmail.com
    Makasih

    Unknown said...

    boleh minta sour codenya ?
    ini emailnya asepnuryana13@gmail.com

    Unknown said...

    Mas boleh minta sour codenya?
    Ini email saya
    suryoputro54@gmail.com

    Unknown said...

    boleh minta tolong kirim source code ya Bos

    Unknown said...

    gan minta source codenya..
    email : indrayadi921@gmail.com
    terimaakasih :)

    Unknown said...

    youichiedank3rdaxel@gmail.com
    thanks :D

    Unknown said...

    lamaniaelzafin@gmail.com kirim ya thanks :)

    Unknown said...

    mas, boleh minta source codenya..
    email: habiby.flash@gmail.com
    sebelumnya makasih..

    Unknown said...

    boleh minta source codenya..
    email: sariisarii064@gmail.com
    maasih sebelum nya

    Rahma said...

    boleh minta source code nya kak?
    email : dewiyulrahma@gmail.com

    Anonymous said...

    boleh minta source codenya?
    email: darayani.sri.arifah@students.uin-suska.ac.id
    terimakasih banyak

    Unknown said...

    Kak.. boleh minta source code program ini ?
    Email : juli_anto1796@yahoo.com
    Thank you kak

    You Only said...

    udin081194@gmail.com
    minta source code programnya kak
    trima kasih

    Unknown said...

    Minta source kodenya ya min.. saya sudah cari spesialis-it tpi tidak ada, jadi saya minta lewat email saja min.
    email : andresmunggaran20@gmail.com

    Unknown said...

    mimin.. boleh minta source code program ini ?
    Email : marthiawati93@gmail.com
    Thank you min..

    Boby said...

    Mimin yang baik hati minta source code program ini ya..
    Email : boby.diwil@gmail.com
    Thank you min..

    Unknown said...

    gan bisa bagi source code nya buat ta..
    rofiqiefendi123@gmail.com

    Unknown said...

    mas boleh mnta source code nya,
    kecul37@gmail.com
    terimakasih

    Unknown said...

    Min, boleh minta source codenya ? untuk tugas..
    yayang854@gmail.com
    makasih min

    Unknown said...

    master kirimin source codenya dong burhan.sulthan33@gmail.com

    lexus said...

    mas boleh minta source codenya emailnya putrafebrimal6@gmail.com

    lexus said...

    mas boleh minta source codenya emailnya putrafebrimal6@gmail.com

    lexus said...

    mas boleh minta source codenya emailnya putrafebrimal6@gmail.com

    Unknown said...

    untuk referensi, bolehkah saya meminta source codenya?
    email : hiyanalatissifa@gmail.com

    Anonymous said...

    untuk skripsi saya, saya boleh minta source codenya?
    email : elaerik14@gmail.com
    terima kasih

    Tika said...

    boleh mitak sorce code nya..
    tikaastuti9608@gmail.com

    Unknown said...

    Rizkymusdalipah@gmail.com
    Boleh mint sorce code ny

    NUNING RAHAYU said...

    Boleh minta source codenya��
    nuningrahayu86@gmail.com

    Waldi Blogger said...

    boleh gan kirim source codenya untuk belajar
    waldirms244@gmail.com

    Wahyu_13 said...

    bagus tuh min buat belajar
    wahyusevenduzm@gmail.com

    Unknown said...

    minta buat belajar
    owlagc@gmail.com

    Adi Bayu Purnama said...

    Hallo Mas, tolong kirim source code nya ke email panjilenggari@gmail.com

    terimakasih sebelumnya

    Unknown said...

    mas boleh minta source code nya kirim email putrafebrimal6@gmail.com
    terima kasih

    Unknown said...

    Mas boleh minta source codenya kirim email ke elliotk880@gmail.com
    makasih :)

    Arief Setya Budi said...

    halo mas bisa minta source code nya kirim ke email: ariefsetya334@gmail.com

    Unknown said...

    Hallo Mas, saya bisa minta Source Code nya. dikirim ke email mikbalmuhammad1@gmail.com
    Termia Kasih :)

    Unknown said...

    panjilenggari@gmail.com

    yogi said...

    yogiyopra@gmail.com

    ALCP said...

    Ijin minta sc nya om ..
    atanasiolino@gmail.com

    Unknown said...

    ijin minta sc nya om
    satyahangganararasta@gmail.com

    NUNING RAHAYU said...

    Hallo.. boleh minta source codenya?
    nuningrahayu86@gmail.com
    Terimakasih.

    Unknown said...

    apa boleh minta,source codenya utk belajar kak ? git.galih@gmail.com

    kasir said...

    ijin minta sc nya om
    sidikyulianto@gmail.com

    kasir said...

    ijin minta sc nya om
    sidikyulianto@gmail.com

    sunbanu said...

    selamat malam bang atau kakak ijin boleh minta dikirimi source code perhitungan metode topsis gak untuk belajar sekalian pembuatan aplikasi untuk tugas kampus...ini email ya candratalan137@gmail.com terimakasih GBU

    Unknown said...
    This comment has been removed by the author.
    Unknown said...

    saya bisa minta Source Code nya. dikirim ke email tarasalmamaurizka@gmail.com
    matursuwun :)

    Faozy said...

    Mas Tolong kirim sama saya source code nya mas

    faozatulozebua139@gmail.com

    Terimakasih sebelumnya ya Mas

    Unknown said...

    Min minta tolong source codenya Thanks. Emailnya boyjatiasmara20@gmail.com .Terimakasih



    Unknown said...

    min, boleh minta olong share source code nya enggk buat TA, ivanofiqadamiaji26@gmail.com makasih banyak

    Yustian said...

    minta tolong source codenya gan.. thanks ya. Emailnya yustians@gmail.com..

    sholeh313.blogspot.com said...

    Mas boleh minta source codenya. buat belajar...
    bisa dikirm ke email sholeh313@gmail.com
    terimakasih

    Aldhitya Prasetya said...

    Gan minta source codenya..
    email : aldhityaaly@gmail.com
    terimaakasih sebelumnya :)

    Unknown said...

    Gan, Minta Source Codenya..

    Email : dh.hostinger@gmail.com

    Terima Kasih Sebelumnya Gan....

    Arief Setya Budi said...

    bagi yang butuh source program web php & mysqli perhtiungan TOPSIS bisa order by wa 0858 8085 6685

    Unknown said...

    Assalamualaikum mas saya minta source code nya kirim ke email :
    Diaryakhiiqbal@gmail.com

    kknunripetalongan said...

    assalamualaikum minta saya source code nya kirim ke email :
    zulkiflizulkifli329@gmail.com

    Unknown said...

    bang , minta dong,, jufricvt@gmail.com

    Unknown said...

    bang, minta source code nya donk untuk belajar, tolong kirim ke email beerus280597@gmail.com
    Terima Kasih banyak bang

    Panca Kurniawan said...

    minta tolong kirim source code ke panca_kurniawan@yahoo.com terimakasih

    Adim Nuraidin said...

    Assalamualaikum wr.wb
    boleh minta source codenya
    gmail : adimnuraidin90@gmail.com

    kina99 said...

    Assalamualaikum wr.wb
    boleh minta source codenya
    gmail : zikrina97@gmail.com

    Unknown said...

    Boleh minta source codenya
    dwiratnasari391@gmail.com
    Terima kasihh

    AndroMobApp said...

    minta source codenya min

    wahyumyranto13@gmail.com

    oneclick said...

    Boleh minta source codenya
    asepwahyu727@gmail.com
    Terima kasihh

    Unknown said...

    apakah boleh minta source code nya kak email andihusni1505@gmail.com

    fair said...

    kalau boleh , kirim ke email ini gan mulur27@gmail.com , kalau ada biaya atau apa tolong sekalian cantumkan

    Syifashoessemarang said...

    Kalau boleh minta source codenya.email saya amaychifa@gmail com

    pardede said...

    apa boleh minta source codenya dan kirim ke email pardedeindah63@gmail.com
    terima kasih

    saya eko said...

    apakah boleh minta source code nya mas ? email sayaxxx00@gmail.com

    Ponco Sunarko said...

    bagi dong source codenya gan
    sunarkoponco@gmail.com

    Helmi said...

    Mohon bantuannya helmity.ty@gmail.com

    Galung Duandaru said...

    gan minta tolong kirimin source code nya dong nadilamegaysyafitri@gmail.com

    marlinaseptyanaputri said...

    boleh minta source codenya mas
    Marlinaseptyanaputri@gmail.com

    Sfr said...

    Boleh minta source code nya ofirahma14@gmail.com

    Anonymous said...
    This comment has been removed by the author.
    Anonymous said...

    Boleh minta source codenya, kirim ke doni.ramadhan44@gmail.com

    Nur Fajariah R said...

    BOLEH MINTA SOURCE CODE NYA , KIRIM KE fajariah.gn@gmail.com

    RezaPratama said...

    boleh minta source code nya reza0904098@gmail.com

    mufthitester said...

    assalamnualaikum mas bolhe bagi source code nya kah?
    email : mufthiadisyahdian61@gmail.com
    terimakasih

    Unknown said...

    boleh minta source code nya maikelsianturi12@gmail.com

    Dunia IT said...

    minta sourcodenya bang
    gmail: faisalnarengke@gmail.com

    FAIRIL-A'16' said...

    minta source code nya bang
    email : fairilanwar9@gmail.com

    admin spesialis-it said...

    Sekali lagi untuk teman-teman yang ingin sourcecodenya langsung aja kirim pesan lewat halaman facebook spesialis-it.
    Jadi silahkan teman-teman kunjungi halaman facebook kami, silahkan teman-teman kirim pesan dan bisa konsultasi disana.Terima Kasih