Keyword atau kata kunci adalah faktor paling penting
dari kegiatan SEO. Kaena hampir 85% pengunjung blog/website melakukan
kunjungan dengan terlebih dahulu mengetikkan “Kata Kunci” di kolom pencarian
google. Dan hanya 5% yang mengetikan “nama blog” di kolom pencarian google. Dan
10% sisanya mereka mengunjungi blog dari link yang dishare di media-media
social
Dari 2 gambar diatas, gambar nomor berapakah yang menurut Anda sangat umum, sangat lazim dan banyak dilakukan para pengunjung blog ketika mereka berniat mengunjungi blog/website tertentu?
Ya, jika Anda memilih gambar no 1. Jawaban Anda tepat
sekali, karena secara umum pengunjung akan lebih memilih mengetikkan “kata
kunci” dibandingkan dengan mengetikkan “nama blog” di kolom pencarian
google.
Lalu seperti apa pemilihan kata kunci yang tepat?
Untuk memilih kata kunci yang tepat kita harus melakukan
“riset” terlebih dahulu, kita harus
memastikan kata kunci tersebut ada banyak pencarinya di google. Karena akan
percuma jika kita memilih kata kunci yang tidak ada pencarinya di mesin telusur
google.
Ada banyak cara untuk melakukan “riset keyword / keyword research ” ini, namun
sebagai awalan untuk pemula saya hanya akan mencontohkan cara melakukan “riset
keyword” melalui google suggestion dan google keyword planner. ada 2 cara efektif untuk melakukan riset
1. Sebelum kita mulai melakukan “riset keyword” pastikan
terlebih dahulu Niche yang kita pilih. Dimateri sebelumnya kita telah
mempelajari gambaran tentang Niche. Bagi yang belum menemukan Niche dimohon
untuk jangan melakukan “riset keyword” terlebih dahulu.
Kenapa bisa dipastikan ada pencarinya? Karena untuk bisa
masuk google suggestion, sebuah keyword setidaknya harus ada kurang lebih 1000
orang yang mengetikan kata kunci tersebut dengan IP berbeda. Itu menurut
informasi yang saya baca dari postingan mastah-mastah, untuk kebenaran angkanya
sendiri belum ada info valid dari google.
Sekarang mulai catat semua kata kunci yang didapat
sebanyak-banyaknya, untuk nanti kita sortir kembali dengan melakukan “Riset
Persaingan”
Masukkan lagi kata kunci baru dikolom pencarian google untuk
mendapatkan suggesti yang lebih banyak lagi
Lakukan riset kata kunci melalui google suggestion ini
sebanyakbanyaknya dan semaksimal mungkin. Ganti kata kunci dikolom pencarian
setiap kali selesai mencatat semua kata kunci yang muncul di google suggestion.
Ketikkan geoogle keyword planner
Prinsipnya hampir sama, intinya mencari keyword. Tapi untuk
google keyword planner kita bisa lihat nominal angka pencarian per-bulannya.
Jadi kita akan tahu suatu keyword dicari oleh berapa orang dalam bulan
terakhir.
Tapi kelemahannya, tidak semua keyword bisa didapat dengan
lengkap. Jadi kita tetap harus mencari keywordkeyword dari sumber-sumber
lainnya untuk lebih memperbanyak varian keyword untuk kita pilih agar bisa
mendapatkan keyword yang tertarget.
Itulah gambaran singkat mengenai cara meriset keyword. Selain melalui google suggestion dan google keyword planner, kita juga bisa melakukan riset keyword melalui media-media riset lainnya. Namun sebagai permulaan untuk para pemula kedua media yang telah kita bahas diatas saya rasa sudah cukup.
Yang terpenting Inti dari riset keyword ini sudah bisa dikuasai. Itu yang terpenting. Karena dimanapun kita melakukan riset keyword intinya akan sama mungkin hanya dari sisi tekhnisnya saja yang sedikit berbeda.
Jadi harapan saya, setelah private ini selesai Anda bisa mengembangkan diri Anda sendiri untuk bisa semakin mengasah kemampuan SEO Anda dan bisa berguna untuk adwords pada blog googleadsense anda. Karena intinya SEO itu sederhana, semua yang akan saya sampaikan diprivate ini prinsip dasarnya akan sama dengan yang diajarkan dengan private SEO yang nilainya jutaan rupiah, yang mungkin membedakan hanya dosisnya saja. Contohnya ya seperti riset keyword ini, saya hanya mengajarkan 2 cara riset keyword, kalau yang private harga jutaan mungkin yang diajarkannya adalah cara meriset keyword disemua media riset keyword yang ada didunia ini. Kurang lebih seperti itu, jadi SEO itu sederhana dosisnya aja yang berbeda.
2 comments:
bagaimana cara supaya masuk key planner tool , tidak harus melewati 4 step ,1) About your business 2)Your first campaign 3)Billing 4)Review
bagaimana cara supaya masuk key planner tool , tidak harus melewati 4 step ,1) About your business 2)Your first campaign 3)Billing 4)Review
Post a Comment